Senin, 29 November 2010

Sekilas Tentang Kopi


Kopi adalah minuman yang sangat harum. kopi paling enak diminum dipagi hari atau dimalam hari (apalagi pas hujan-hujan, wuenak tenan). sebelum kita mengetahui manfaat kopi bagi otak, kita akan menelaah seluk beluk tentang kopi.

Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.

Di samping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler).

nah, setelah mengetahui sedikit tentang kopi. mari kita lihat apa manfaat kopi bagi otak.

Manfaat kopi yang luar biasa itu terungkap setelah para peneliti mengikuti kesehatan 500.000 orang Eropa selama delapan tahun. Mereka yang minum satu setengah cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena kanker otak 34 persen lebih rendah.(menurut penelitian lho)

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa kopi sebenarnya kaya akan antioksidan. Seperti diketahui, sudah banyak fakta-fakta yang menunjukkan manfaat antioksidan untuk pencegahan penyakit.

Meski hasil penelitian tersebut cukup membuat para pencinta kopi sedikit lega, tetapi perlu dicatat bahwa tipe kanker otak yang bisa dicegah oleh kopi terbilang langka. (ternyata kanker otak yg dicegah cukup langka, paling tidak kita mampu mencegahnya)

Sebelumnya, hasil-hasil penelitian menunjukkan kopi punya manfaat pencegahan beberapa jenis penyakit, seperti diabetes tipe 2 dan Alzheimer. Manfaat kopi lainnya mungkin sudah sering Anda rasakan, yakni lebih bersemangat dan meningkatkan konsentrasi.

kita tidak dianjurkan untuk terus menerus minum kopi tiap hari

Batas wajar minum kopi untuk remaja itu segelas sehari. Seminggu 7 gelas maksimal. Kalau untuk orang dewasa dua gelas sehari. Ada baiknya kopi jangan dikonsumsi berlebihan karena kopi mengandung kafein yang mempunyai efek candu dan lama kelamaan bisa memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah jantung. (ngeri juga minum kopi banyak-banyak, jadi sewajarnya saja)

“Makan dan minumlah dan janganlah kalian berbuat israf (berlebih-lebihan), sesungguhnya Alloh tidak menyukai orang-orang yang berbuat israf.“ (QS: Al-A’raaf: 31)

sumber:
wikipedia.org
http://health.kompas.com/read/2010/11/27/09015143/Lindungi.Otak.dengan.Kopi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar