Senin, 17 September 2012

Berfikir Positif Itu Menyehatkan

Semua yang kita lakukan dan kita rasakan berasal dari pikiran. pikiran tersebut yang membawa kita untuk melakukan sesuatu seperti menulis, membaca dan lain sebagainya. dan lewat pikiran juga kita dapat merasakan sesuatu seperti sedih, gembira, marah dan sebagainya.
berfikir positif adalah saat dimana kita memikirkan sesuatu dari sisi yang baik dan mengabaikan yang buruk. ternyata berfikir positif bermanfaat bagi kita semua bahkan nabi menjelaskan: “Hati-hatilah kalian terhadap prasangka, karena sesungguhnya prasangka (buruk) itu merupakan perkataan yang paling dusta, dan janganlah kamu saling mengintai, janganlah kalian saling berprasangka (buruk), janganlah kalian saling dengki, janganlah kalian saling membenci, dan janganlah kalian saling menjerumuskan. Akan tetapi jadilah kalian hamba Allah yang bersaudara”.(HR Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah ra).

berfikir positif akan menimbulkan aura kebaikan disekitar kita, bukan hanya kita saja yang dapat merasakannya tetapi orang yang ada disekitar kita juga dapat merasakan. berfikir positif dapat menangkan jiwa kita. disaat kita sedang dihadap masalah maka pada saat itu kita mencoba berfikir bahwa pasti ada jalan keluar dari setiap masalah.

Sebuah cerita dibawah ini mungkin bisa menjadi ilustrasi bahwa berfikir positif itu menguntungkan:


Suatu pagi Adi pamit akan pergi ke Sebuah Bank kepada istrinya. Tujuan Adi ke Bank adalah untuk menyetor  atau mentransfer titipan teman jauhnya untuk kegiatan bakti sosial. Sambil bercanda sang istri mengatakan kepada Adi “Semoga lancar ya, soalnya bank itu terkenal sering banget trouble sistemnya” dan sang istri pun menceritakan pengalamannya berurusan dengan bak tersebut yang sering mengecewakannya.

Adi berangkat dengan senyum, dan sampai di bank Adi pun mengambil no antrian dan duduk tenang mengantri, lumayan juga rame banget antriannya. Beberapa saat kemudian ada pengumuman dari pihak bank bahwa sistem mereka sedang dalam gangguan dan belum bisa melayani transaksi.

Antrian yang ramai itu pun bubar dengan berbagai nada ketus dari para nasabah, sedangkan Adi hanya tersenyum saja sambil berkata dalam hati “Istriku ternyata tidak meleset”.  Saat orang-orang pada bubar Adi malah duduk tenang sambil mengambil HP nya, dia mengirimkan SMS candaan buat istrinya dan mengabarkan gangguan pada bank itu.

Baru saja Adi memencet tombol “SENT”, secara mengejutkan Adi dipanggil oleh Teller dan mengatakan bahwa sistem sudah siap kembali melayani transaksi. Alhamdulillah Adi tak usah mengantri lagi.

Lalu apa hikmah dari cerita diatas, Adi akhirnya mendapat kemudahan karena menerima semua keadaan dengan bersikap positif. Coba saja jika Adi memutuskan untuk ikut kesal dan langsung pergi meninggalkan bank itu dan mencari cabang lainnya, tentu saja itu akan menghabiskan waktu yang lama. Tetapi Adi memilih tenang dan bersikap positif dan akhirnya dia dapat pelayanan bank tanpa harus mengantri.(1)

Berfikir positif itu Menyehatkan
Tanpa kita sadari bahwa setiap apa yang kita pikirkan akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatan kita sendiri. Berfikir mempunyai dua sisi yang berbeda, disatu sisi dapat menciptakan kesehatan jiwa dan raga kita dan disisi lain dapat menimbulkan stress dan gangguan kejiwaan lainnya. salah satu pengontrol stress yang berlebihan adalah dengan cara berfikir positif. saat berfikir positif tubuh akan merasakan perasaan yang rileks dan tidak tertekan, oleh karena itu dapat menciptakan suasana yang bahagia dan menyehatkan bagi tubuh.

kutipan:
(1)http://diansonata.com/keajaiban-berpikir-positif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar