Kamis, 27 September 2012

Mencegah Kolesterol Tinggi dengan Buah-buahan

Kolesterol adalah termasuk keluarga lemak, zat ini merupakan salah satu dari komponen lemak itu sendiri.


Dalam berbagai proses metabolisme tubuh, kolesterol juga mengambil peran penting diantaranya:
Proses pembentukan sel-sel dalam tubuh, lemak berperan sebagai pembentuk dinding- dinding sel.
Dibutuhkan untuk bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid.
Membuat asam empedu untuk proses emulsi lemak.
Dibutuhkan untuk membuat vitamin D dan juga berperan sebagai bahan untuk membuat hormon - hormon sex dan kortikosteroid.
Kolesterol tinggi adalah salah satu indikator didalam tubuh bahwa telah terjadi ketidakseimbangan tubuh. oleh karena itu perlu upaya untuk menurunkan kolesterol tinggi dan menjaga agar kolesterol tetap normal sesuai kebutuhan tubuh
Berikut beberapa buah-buahan yang dapat menjaga kadar kolesterol anda tetap normal:


Alpukat
Buah alpukat merupakan sumber terbaik untuk lemak tak jenuh yang bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan kolesterol jahat. Alpukat juga mengandung beta sitosterol yang bisa mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan. Meski begitu, alpukat mengandung kalori tinggi, yakni 300 kalori dan 30 gram lemak. Karena itu konsumsi buah ini sebagai pengganti makanan tinggi lemak lainnya.


Tomat
Likopen yang terdapat dalam tomat dan buah-buahan berwarna merah lainnya adalah zat yang efektif untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL). Demikian kesimpulan hasil penelitian oleh University of Adelaide, Australia, yang diterbitkan dalam jurnal Maturitas (2011; 68: 299-310). Menurut studi yang melibatkan 700 orang itu, likopen pada tomat sama efektifnya dengan obat-obatan penurun kolesterol, tanpa nyeri otot atau rasa lemas yang merupakan efek samping dari obat-obatan tersebut.
para peneliti menemukan bahwa likopen dosis tinggi (25 mg atau lebih per hari)– tetapi tidak dosis rendah-- mengurangi kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah sistolik. Konsumsi 25 mg likopen setiap hari dapat menurunkan kolesterol jahat sekitar 10%. Hasil tersebut setara dengan efek dosis rendah dari statin (obat yang umumnya diambil untuk menurunkan kolesterol darah). Likopen sejumlah itu dapat diperoleh dari 50 gram saus tomat, 100 gram tomat utuh atau 300 ml jus tomat.

Buah delima (pomegranate)
Buah delima adalah antioksidan super yang membantu menjaga tubuh terhadap kerusakan akibat radikal bebas karena faktor metabolisme dan lingkungan. Menurut buku Cholesterol Cures, jus delima dapat memperlambat proses oksidasi kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein atau kolesterol jahat) sebanyak 40 persen, dengan demikian menurunkan penumpukan dalam darah dan arteri.

Anggur ungu
Studi di Coronary Thrombosis Research Laboratory, University of Wisconsin Medical School menemukan bahwa anggur ungu dapat memperbaiki fungsi endotel pada 15 pasien dengan penyakit arteri koroner. Peningkatan tersebut berteori bahwa flavonoid dalam jus anggur ungu menghambat aktivitas platelet akibat kolesterol, yaitu zat di dalam darah yang membantu darah menggumpal, dapat berkontribusi bagi perkembangan serangan jantung dengan mengumpulkan pada plak arteri.

Betapa besarnya nikmat yang diberikan tuhan dengan diberikannya buah-buahan yang tidak hanya enak tetapi juga dapat menyehatkan.

“Dia-lah, Yang Telah menurunkan air hujan dari langit untuk kalian, sebahagiannya menjadi minuman dan sebahagian lainnya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kalian menggembalakan ternak kalian. Dia menumbuhkan bagi kalian dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS An-Nahl :10-11)

sumber :
 http://majalahkesehatan.com/untuk-menurunkan-kolesterol-pilih-tomat-atau-obat/
http://jantung.klikdokter.com/subpage.php?id=1&sub=84
http://kesehatan.kompas.com/read/2009/08/19/08403092/makanan.penurun.kolesterol
http://health.detik.com/read/2011/04/12/153204/1614557/766/buah-dan-sayur-pelawan-kolesterol-jahat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar